Ayam Paniki yang Pedas dan Gurih
Ayam Paniki yang Pedas dan Gurih

Kuliner Indonesia ternyata sangat berragam, sampai dengan ribuan resep kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika anda berjalan-jalan ke kota Manado di ujung Sulawesi Selatan, anda harus mencicipi puluhan makanan khas disana.

Di Manado, kuliner yang pedas sangat mendominasi, jadi tidak jarang kalau anda bertemu dengan orang yang berasal dari Manado, memiliki hobby makan makanan yang pedas. Salah satu kuliner yang sangat khas dan berasal dari Manado adalah Paniki. Di Manado, Paniki adalah kuliner kota makassar yang dibuat dari daging paniki (yang dalam bahasa Indonesianya berarti kelelawar).

Biasanya, sebelum diolah menjadi makanan, Paniki atau kelelawar dibakar terlebih dahulu untuk menghilangkan dan membersihkan bulu-bulu halusnya. Setelah itu, daging kelelawar dimasak dengan bumbu santan yang khas.

Ayam Paniki yang Pedas dan Gurih
Ayam Paniki yang Pedas dan Gurih

Dikarenakan makanan ini terlalu ekstrim, sekarang mulai bermunculan kuliner Paniki yang dimodifikasi dengan daging-daging yang lebih biasa, misalnya ayam. Ayam paniki adalah jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar ayam dan berkuah santan kelapa. Makanan ini biasanya memiliki rasa yang pedas dan gurih sehingga sangat cocok dijadikan sebagai lauk untuk teman makan nasi putih yang masih hangat.

Perpaduan antara ayam dan santan dapat menambah kelezatan pada makanan satu ini, apalagi jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Kuliner ini sangat cocok disajikan pada saat makan malam. Akan tetapi, kuliner ini juga dapat dinikmati kapan saja sesuai dengan apa yang kita inginkan. Selain memiliki rasa yang enak dan lezat, ayam paniki juga sangat mudah untuk kita dapatkan bahkan sangat mudah juga untuk kita buat sendiri.

Ayam Paniki yang Pedas dan Gurih
Ayam Paniki yang Pedas dan Gurih

Ternyata membuat ayam paniki tidak sesusah yang dibayangkan. Anda hanya butuh menyiapkan bahan-bahan standart. Bahan bahan tersebut adalah ayam yang sudah dibersihkan, jeruk nipis, daun pandan yang sudah dipotong-potong, daun jeruk, batang serai yang sudah dimemarkan, santan kelapa, garam, gula pasir, dan penyedap rasa sesuai selera. Selain bahan tersebut, ada bumbu-bumbu yang harus dihaluskan, yaitu terdiri dari kunyit, jahe, kemiri yang disangrai terlebih dahulu, bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, dan juga cabai rawit.

Ayam Paniki yang Pedas dan Gurih
Ayam Paniki yang Pedas dan Gurih

Beberapa langkah singkat yang perlu anda perhatikan dan lakukan untuk membuat menu Ayam Paniki yang sedap dan lezat ada di ulasan ini. Pertama, anda harus memotong-motong ayam menjadi beberapa bagian, misalnya 8 bagian kecil, kemudian baluri dengan air jeruk nipis yang sudah disiapkan sebelumnya. Ayam yang sudah dibaluri air jeruk nipis tersebut silahkan didiamkan selama kurang lebih 10 menit. Sembari menunggu jeruk nipis meresap ke dalam daging, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit bantuan minyak goreng, sampai harum.

Dalam olahan bumbu tersebut, masukkan daun jeruk, daun pandan, dan batan serai yang sudah dimemarkan. Jangan lupa untuk mengaduknya sampai dengan layu. Langkah selanjutnya adalah menuangkan santan ke dalam bumbu yang ditumis tersebut, dan tunggu sampai mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan ayam yang sudah dipotong ke dalam rebusan santan tersebut.

Diamkan dalam waktu yang cukup, sehingga kuah berangsung menyusut, ini menandakan bahwa bumbu yang sebelumnya tercampur dalam kuah sudah merasuk ke dalam daging ayam. Jangan lupa tambahkan beberapa penyedap agar rasa ayam semakin pas, yakni gula, garam, dan penyedap rasa yang cukup.

Aduk hingga merata sampai bumbu meresap, kemudian angkat dan tiriskan. Langkah terakhir adalah membakar ayam tersebut diatas bara sampai dengan berwarna kecokelatan. Artinya, ayam paniki sudah siap untuk disajikan dan disantap.

Selamat menikmati!