Bandeng Juwana : Oleh-oleh Wajib dari Semarang
Bandeng Juwana : Oleh-oleh Wajib dari Semarang

Bandeng Juwana : Oleh-oleh Wajib dari Semarang – Semarang, Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini menyimpan banyak keelokan yang patut untuk disambangi. Keramahan kotanya dengan berbagai macam suku dan agama di Semarang membuat kota ini menjadi destinasi dari semua penjuru. Posisi kota yang ada di pesisir utara Pulau Jawa ini membuat Semarang menjadi salah satu kota yang ramah untuk singgah.

Mengapa demikian? Karena kota ini menjadi penghubung antara kota-kota besar di sekitarnya. Misalnya dari Surabaya ke Jakarta, atau Cirebon, atau dari Salatiga ke Surabaya, ataupun Cirebon dan Jakarta. Keelokan kotanya membuat Semarang betah untuk ditinggali. Sebut saja Lawang Sewu, Kota Tua, Tugu Muda, sampai dengan kawasan pegunungan di perbatasan Pati menjadi beberapa destinasi yang paling favorit.

Favorit kotanya, favorit juga makanannya. Siapa yang setuju dengan kalimat tersebut? Pastinya jika anda sudah pernah pergi ke Semarang, anda akan setuju dengan kenyataan tersebut. Semarang, yang kaya akan berbagai macam keunikan ternyata juga kaya akan makanan dan oleh-oleh tradisional. Sebut saja Tahu Gimbal, atau selain itu ada juga Bandeng Juwana.

Selain kedua oleh-oleh tersebut, kita juga bisa menemukan banyak makanan khas Semarang, seperti Wingko Babat, Dodol, Keripik, dan masih banyak lagi. Yang paling menarik perhatian tentunya adalah Bandeng Juwana, apalagi di hari-hari seperti ini, arus mudik dan arus balik Lebaran. Bandeng Juwana sering menjadi salah satu oleh-oleh favorit untuk keluarga dan kerabat. Apa sih Bandeng Juwana itu?

Bandeng Juwana Khas Semarang

Bandeng Juwana : Oleh-oleh Wajib dari Semarang
Oleh-oleh Khas Semarang : Bandeng Juwana Erlina | Image Source : pinterest.com

Bandeng Juwana adalah salah satu jenis Bandeng Presto yang sudah melegeda dan sangat terkenal. makanan merupakan makanan khas Semarang dan Indonesia ini dibuat dari Ikan Bandeng yang sudah dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Asal mula ditemukannya Bandeng Presto adalah dari Kota Pati. Secara tradisional dan mandiri, Bandeng Presto sebenarnya bisa dibuat sendiri.

  • Cara Membuat Bandeng Juwana di Rumah

Jadi jika anda sedang tidak ada di kota Semarang, maka anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Pertama, ikan bandeng dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto. Presto adalah cara orang memasak dengan uap air yang memiliki tekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat.

Air yang ada di dalam panci tersebut dipanaskan terlebih dahulu sampai benar-benar mendidih. Setelah itu, uap air yang diproduksi inilah yang dapat membuat presto. Mengapa presto sangat cocok digunakan dalam proses memasak bandeng? Karena bandeng terkenal sebagai ikan yang memiliki duri yang banyak. Sehingga dengan cara presto, bandeng yang dimasak akan membuat duri-duri tersebut menjadi lunak.

Ada salah satu Brand Bandeng Juwana yang layak diperkenalkan, yakni ELRINA. Brand Bandeng – Juwana ELRINA tentunya sudah sangat terkenal. Brand yang mengklaim dirinya sebagai “The First Online Shopping For Bandeng Juwana” ini ternyata juga menyajikan pelayanan online shop. Sehingga anda bisa memesannya dari kejauhan untuk menikmati semua produk Bandeng Juwana.

Bandeng Juwana : Oleh-oleh Wajib dari Semarang
Bandeng Juwana Khas Semarang | Image Source : Pinterest.com

Beberapa produk yang ditawarkan didalamnya adalah Bandeng, dan berbagai jenis oleh-oleh khas Semarang. Bagi yang ingin berkunjung dan datang langsung ke Bandeng Juwana ELRINA, anda bisa berkunjung ke Warung Bandeng Juwana yang memiliki warung makan diatas toko bandeng. Bandeng Juwana ELRINA terletak di Jl. Pandanaran 57, Semarang. Nah, jika anda ingin melihat terlebih dahulu review tentang produk-produk Bandeng Juwana, anda bisa mengunjungi bandengjuwana.com. Selamat menikmati Bandeng Juwana khas Semarang!

Lebaran tidak lengkap jika tidak ada kurma dengan ragam olahan berbahan kurma yang nikmat. Selain itu, juga terdapat kuliner favorit lebaran yang wajib ada ketika lebaran untuk menghangatkan suasana bersama keluarga.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantu kamu yang ingin membuat bandeng juwana di rumah. Simak berbagai artikel menarik seputar resep masakan dan kuliner daerahan hanya di Kooliner Blog.