Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat, pasti sudah sangat kalian kenal. Apalagi dengan masakan padang yang sangat khas dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Tapi ternyata, selain masakan padang yang khas, Padang juga punya banyak jajanan. Jajanan ini sangat cocok dijadikan buah tangan.

Kalian bisa membawa buah tangan ini saat meninggalkan Kota Padang. Harganya yang sangat terjangkau membuat oleh-oleh Khas Padang ini cepat menyebar ke seluruh pelosok Negeri. Apa saja oleh-oleh khas Kota Padang ini?

Karak Kaliang

Buat kalian yang suka makan cemilan sejenik keripik dan kerupuk, mungkin Karak Kaliang ini sangat cocok. Bentuk karak ini sangat unik, yaitu menyerupai angka delapan. Varian rasanya juga sangat bermacam-macam, mulai dari balado, keju, barbeque, dan lain sebagainya.

saribundobiz
Karak Kaliang, sumber : saribundo.biz

Harganya jangan ditanya! Sangat murah! Mungkin satu kemasan karak ini hanya dijual sebesar Rp. 15.000,- saja. Selain rasanya yang lezat, Karak Kaliang ini bisa menjadi opsi oleh-oleh ketika kalian akan bepergian jauh. Mengapa? Karena pasti akan sangat awet jika disimpan beberapa hari.

Roti Randang

Roti Randang? Unik bukan?

Sudah tahu kan kalau Padang itu identik dengan Rendang? Ya, saking cintanya dengan Rendang, roti saja sampai diberi isi daging Rendang. Roti ini sangat mirip dengan butter cookies yang ditaburi wijen diatasnya. Bedanya yan ada bumbu rendang yang jadi intinya.

rotirandangninurcom
Roti Ranang, sumber : rotirandangninur.com

Pasti kalian penasaran untuk mencobanya, dan membawanya sebagai buah tangan kan? Nah, kalian datang saja ke pusat oleh-oleh khas Minangkabau, pasti Roti Randang dijual disana.

Dendeng Daun Singkong

Aneh-aneh nih orang Padang! Daun Singkong saja bisa dibuat menjadi Dendeng. Wah, kalau ini sih super kreatif! Kalau kalian penasaran untuk mencicipinya, Dendeng Daun Singkong juga banyak dijual di hampir semua Pusat oleh-oleh. Pastinya, harganya terjangkau.

masakbaguscom
Dendeng Daun Singkong, sumber : masakbagus.com

Karupuak Jangek

Alternatif lain dari oleh oleh khas Padang yang enak adalah karupuak jangek yang renyah dan gurih. Karupuak jangek adalah makanan yang terbuat dari kulit sapi. Di daerah lain dikenal dengan istilah kerupuk kulit. Sama seperti kerupuk pada umumnya, karupuak jangek cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau lauk. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung kualitas kulit yang ada.

3bpblogspotcom
Karupuak Jangek, sumber : 3.bp.blogspot.com

Tapi yang pasti, kalau kalian ingin merasakan sensasi kuliner yang berbeda di Kota Padang, Karupuak Jangek adalah alternatif yang sangat tepat. Harganya pun juga sangat murah.

Bolu Batik

Bolu Batik adalah kuliner yang sedang popular di Padang. Keunikannya adalah karena tampilan luar kue bolu ini dihias menyerupai kain batik, cantik deh! Walaupun warna-warni, rasanya enak dan lezat kok. Cocok sekali kalau kalian mau membawanya sebagai buah tangan. Apalagi Bolu Batik ini hanya satu-satunya di Indonesia, dan berasal dari Padang. Selain itu, harganya juga lumayan terjangkau.

beraniid
Bolu Batik, sumber : berani.id

Selain beberapa buah tangan diatas, masih banyak sekali buah tangan lainnya yang bisa kalian jadikan pilihan. Cukup datang ke pusat oleh-oleh khas Minangkabau, kalian bisa memilih puluhan jenis oleh-oleh yang tidak dapat kalian temukan di daerah lain. Pastinya, harganya juga terjangkau!