Berbuka Puasa dengan Pisang Ijo Bravo Makassar
Berbuka Puasa dengan Pisang Ijo Bravo Makassar

Berbuka Puasa dengan Pisang Ijo Bravo Makassar – Kami dari Kooliner.com Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi seluruh umat muslim dimanapun! Semoga Ibadah Puasa pada tahun ini dapat terlaksana dengan lancar, dan ibadah kita dapat berkenan dimata Tuhan. Ngomong-ngomong soal bulan puasa yang datangnya hanya setahun sekali, pasti kita tahu sendiri bahwa ada banyak sekali jenis makanan dan minuman khusus dan khas bulan puasa.

Mulai dari makanan pembuka, makanan utama, sampai dengan makanan pencuci mulut atau penutup. Selain semua jenis makanan tersebut, ada juga banyak sekali jenis minuman segar bulan puasa yang sangat dicari oleh penikmatnya. Tidak sedikit jenis makanan atau minuman tersebut yang hanya muncul di bulan puasa saja, jadi orang-orang akan sangat menunggu kedatangan bulan puasa karena kangen dengan makanan dan minuman khas tersebut.

Saking banyaknya peminat makanan dan minuman khas bulan puasa, para penjualnya rela berjualan di pinggir jalanan di waktu ngabuburit, atau hampir mendekati jam berbuka puasa. Selain itu, banyak restoran ataupun tempat makan yang khusus menyajikan menu favorit lebaran di bulan ramadhan seperti ini. Peminatnya pun sangat banyak dan beragam.

Salah satu menu khas bulan puasa yang paling terkenal dan diminati adalah Pisang Ijo. Menu khas Sulawesi Selatan ini memiliki peminat yang sangat banyak didaerah manapun. Sejauh saya mengunjungi kota-kota di Indonesia pada bulan puasa, pasti saya menemui Pisang Ijo. Entah itu yang dijual di pinggir jalan (dalam bentuk cup), ataupun yang dijual di restoran atau tempat makan mewah. Hebatnya, pasti menu ini adalah yang paling banyak dicari dan paling cepat habis dibanding dengan menu pembuka puasa yang lain.

Pisang Ijo Bravo Makassar

Berbuka Puasa dengan Pisang Ijo Bravo Makassar
Image Source : istockphoto.com

Menilik asal Pisang Ijo, yuk kita berkunjung ke kota Makassar. Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini menurut saya memang sungguh mempesona. Mulai dari obyek wisata yang berragam, sampai dengan kuliner yang unik dan membuat lidah menggelora. Pisang Ijo sendiri adalah makanan khas yang berasal dari Makassar.

Pisang Ijo aslinya terbuat dari pisang raja yang diolah dan diselimuti/dibalut dengan lapisan yang terbuat dari teung terigu dan gula pasir. Untuk memberi warna hijau pada selimutnya, adonan selimut diwarnai dengan sari daun pandan wangi yang tentunya alami. Sudah dapat dibayangkan sendiri kan bagaimana aroma daun pandan yang sangat wangi dan menggoda? Dalam penyajiannya, Pisang Ijo disandingkan dengan saos atau bubur sumsum yang gurih dan nikmat. Bubur sumsum ini terbut dari tepung terigu juga, yang diolah terlebih dahulu dengan santan kelapa.

Salah satu yang paling terkenal di Makassar adalah Pisang Ijo Bravo Makassar. Di tempat ini, Pisang Ijo disajikan dengan es serut dan sirup yang manis dan legit. Santapan khas bulan puasa ini juga dijual pada hari-hari biasa. Pengunjung akan ramai dan berbondong-bondong menyerbu Pisang Ijo Bravo Makassar ini pada saat cuaca panas dan terik. Maka, penyajian Pisang Ijo yang dikombinasikan dengan bubur sumsum dingin dan es serut akan membuat dahaga menjadi hilang seketika.

Nah, apalagi di bulan puasa seperti ini, ketika waktu sudah menjelang waktu berbuka puasa, Pisang Ijo Bravo Makassar menjadi salah satu pilihan terlaris di Makassar. Jika anda ingin berkunjung dan menikmati santapan khas berbuka puasa asli dari Makassar ini, anda bisa berkunjung ke Pisang Ijo Bravo yang beralamatkan di Jl. Andalas 145, Makassar.

Kabar baiknya, jika anda berdomisili di Surabaya, anda bisa menikmati santapan Pisang Ijo Bravo ini. Di Surabaya, Pisang Ijo Bravo bisa dipesan melalui email pisang-ijo@gmail.com atau menghubungi kontak pembuatnya di 031-7527363 atau 031-60700988. Nah, pasti tidak sabar kan untuk berbuka puasa dengan Pisang Ijo Bravo?