Kota Cirebon menjadi salah satu kota tujuan para wisatawan yang sudah bosan dengan hari kerja. Apalagi kalau kalian adalah pekerja di Bandung atau Jakarta, pasti akan meluangkan waktu ke Cirebon untuk berlibur. Pentingnya, kalau kalian sedang ada di Cirebon, jangan lupa untuk kulineran. Cirebon menyimpan banyak sekali wisata kuliner yang enak dan lezat.

Selain itu, kalian juga wajib berbelanja oleh-oleh khas Cirebon. Ada banyak sekali kerupuk dan keripik yang bisa kalian jadikan buah tangan. Tentunya harganya juga sanga terjangkau. Kalau kalian bingung dengan buah tangan apa yang harus kalian beli, jangan khawatir. Inilah beberapa buah tangan asli dari Kota Cirebon yang wajib kalian bawa pulang!

Serabi Cirebon

Ternyata Serabi tidak hanya khas di Surakarata ya! Selain Serabi Notosuman yang sudah melegenda di Solo, Cirebon juga punya Serabi yang khas. Lalu apa bedanya? Serabi Cirebon dibuat dengan menggunakan tepung beras dan campuran parutan kelapa, serta santan. Wow, sudah bisa dibayangkan bukan rasanya? Pasti sangat gurih dan lezat.

leveminacom
Surabi Cirebon, sumber : levemina.com

Uniknya lagi, Serabi Cirebon biasanya akan disajikan dengan oreg tempe, atau dage oncom. Tapi enak juga sih kalau kalian mau menyantapnya sebagai teman teh hangat. Serabi Cirebon ini akan banyak ditemukan di daerah Pulaseran. Jangan lupa mampir ya!

Kerupuk Melarat

Melarat yang artinya miskin ini ternyata menjadi inspirasi sebagai nama kerupuk. Aneh ya! Kerupuk Melarat adalah kerupuk sederhana dengan berbagai warna yang menghiasi permukannya. Kerupuk ini akan sangat renyah ketika disantab.

4bpblogspotcom
Kerupuk Melarat, sumber : 4.bp.blogspot.com

Kalau kalian tahu cara menggorengnya, Kerupuk Melarat ini digoreng tanpa menggunakan Minyak Goreng. Wow! Proses penggorengannya menggunakan pasir. Pasti kalian penasaran kan untuk mencobanya? Enak kok!

Tape Ketan Daun Jambu

Jajanan khas Cirebon selanjutnya adalah tape ketan daun jambu. Tape ini terbuat dari ketan putih yang difermentasi menggunakan ragi sebagai bahan campurnya. Setelah tapenya jadi, baru menggunakan daun jambu sebagai pembungkusnya.

1bpblogspotcom
Tape Daun Jambu, sumber : 1.bp.blogspot.com

Tape khas Cirebon ini memiliki rasa manis asam. Bungkus daun jambu yang digunakan dapat membantu proses pematangan tape sempurna. Dan tentunya menjadikannya lebih khas dan menarik. Kalian bisa membawa tape ini pulang sebagai buah tangan yang pas untuk keluarga.

Selain beberapa jajanan pilihan diatas, Cirebon masih menyimpan banyak sekali buah tangan yang cocok kalian bawa pulang. Harganya pun sangat terjangkau. Walaupun harganya murah-murah, rasa dan kepuasan kalian ketika menyantapnya tidak tergantikan deh!