Siapa yang sudah pernah minum Dawet Ayu? Nah, kalian yang tinggal di Jawa pasti sudah sangat sering sekali menemukan penjual dawet ayu, baik itu yang menggunakan sepeda keliling, maupun yang sudah disulap menjadi minuman berkelas di restoran mahal. Dawet Ayu tak ubahnya seperti minuman yang melepas dahaga ketika terik matahari menyengat.

tripadvisorcom2
Dawet Ayu Khas Banjarnegara (sumber : tripadvisor.com)

Dawet ayu yang kenyal dan segar khas Banjarnegara memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri apalagi kalau bicara soal rasa, sudah pasti ngiler duluan. Bukan hanya cantik dalam tampilannya saja tetapi juga citarasa kesegaran minuman ini bisa jadi ngangenin deh. Minuman ini bisa disajikan dengan es dan menghasilkan sebuah minuman yang segar.

Jika kalian sedang berkunjung ke Banjarnegara, tidak ada salahnya anda mencicipi minuman khas yang satu ini. Selain mencicipinya, kalian tentunya juga bisa membuatnya sendiri untuk dihidangkan ditengah keluarga. Lalu bagaimana cara membuat Dawet Ayu yang kenyal dan segar khas Banjarnegara?

tokopediacom
Dawet Ayu Khas Banjarnegara (sumber : tokopedia.com)

Komposisi Dawet Ayu Banjarnegara yang harus disiapkan adalah :

  1. Tepung Sagu Aren sebanyak 125 gram
  2. Tepung beras sebanyak 25 gram
  3. Air 400 ml
  4. Air daun saji 100 ml (tuangkan 30 lbr daun saji dan 150 ml air ke dalam blender lalu saring)
  5. Pewarna Makanan 3 tetes saja (sesuaikan dengan warna kesukaan kalian atau biasanya hijau)
  6. Air santan sebanyak 750 ml (dari parutan kelapa)
  7. Garam sebanyak ½ sendok teh
  8. Daun pandan sebanyak 2 lbr
  9. Potongan daging nangka
  10. Saus
  11. Iris tipis gula merah sebanyak 250 gr
  12. Daun pandan 1 lbr
resep-tempatkulinercom
Dawet Ayu Khas Banjarnegara (sumber : resep-tempatkuliner.com)

Kalau melihat bahan-bahan diatas, tidak ada bahan yang susah untuk dicari dan dipersiapkan bukan? Nah, sekarang waktunya untuk membuat dawet ayu khas Banjarnegara ini, langkah-langkah singkatnya adalah sebagai berikut :

  1. Bahan-bahan dawet dicampurkan lalu dimasak sampai mendidih.
  2. Siapkan cetakan cendol, tuangkan bahan yang sudah dimasak tadi dalam keadaan mendidih, lalu tekan-tekan dalam cetakan cendol.
  3. Tuangkan cendol dalam satu wadah berisi air dingin.
  4. Selanjutnya masak bahan-bahan untuk membuat saus gula merah dengan cara mambahkan es batu ke dalam dawet ayu untuk menambah kesegarannya.

Simpel bukan? Jangan lewatkan minuman segar dan kenal ini di setiap acara kumpul keluarga, karena mereka akan sangat senang sekali menikmati minuman yang segar bersama keluarga.