Khas Ramadhan, Nikmati Sate Susu Khas Bali – Bali menyimpan kuliner khas Bali yang begitu menggelitik. Di bulan Ramadhan ini, ternyata Bali juga menyuguhkan kuliner khasnya sebagai kuliner khas Ramadhan. Bahkan kuliner ini sudah merambah ke seluruh pelosok negeri, dan banyak orang mencarinya ketika bulan puasa.

Nama kuliner ini adalah Sate Susu. Sate Susu khas Bali yang juga menjadi makanan khas Bulan Ramadhan ini sangat mudah ditemui. Lazimnya sate yang kita kenal selama ini adalah sate ayam, sate kambing, sate ikan dan sate usus. Namun sate ini sangat unik dan hanya ada di Bali pada bulan puasa saja. Sate yang sangat disukai oleh para muslim di Bali ini adalah sate susu.

Khas Ramadhan, Nikmati Sate Susu Khas Bali
Sate Susu Sapi khas Bali

Sesuai namanya sate susu ini bahan dasarnya adalah puting-puting susu sapi. Bagian susu sapi dipotong-potong berbentuk dadu kemudian direbus ;alu dibumbui. Bumbu sate ini berbeda dengan sate ayam atau kambing yang menggunakan saos kacang dan kecap, sate susu ini memakai bumbu yang berasal dari tepung beras yang dicampur dengan santan.

Bahan dan Cara Membuat Sate Susu Sapi

rempah-rempah yang dipakai sebagai bumbunya adalah kencur, cabai merah, cabai rawit dan  bawang putih. Sebagai warisan budaya kuliner dari Bali Indonesia, Sate Susu Bali sangat mudah untuk ditemui di Pulau Bali, tetapi sangat jarang ditemui di Daerah lain. Tetapi jangan khawatir, karena anda sendiri bisa mengolah dan menyajikan kuliner ini di meja makan keluarga anda.

Cara membuatnya cukup mudah. Hal yang pertama yang perlu anda lakukan adalah tentunya menyiapkan bahan-bahan masakan ini. Bahan dari Sate Susu Bali adalah terdiri dari puting susu sapi, santan, air untuk merebus puting susu sapi, daun jeruk, minyak goreng yang berfungsi untuk menumis, dan tentunya tusuk satenya sendiri. Selain itu, anda juga harus menyiapkan beberapa bahan pembuat bumbu yang nantinya akan dihaluskan. Bahan pembuat bumbu mulai dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe, ketumbar, garam, dan gula merah.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan agar menghasilkan Sate Susu Bali yang lezat untuk disantap. Pertama, rebus puting susu sapi ke dalam satu liter air hingga empuk. Jika sudah cukup empuk, silahkan ditiriskan dan dipotong-potong dadu. Kemudian, panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu yang telah dihaluskan hingga harum lalu tambahkan daun jeruk.

Setelah bumbu matang, lalu masukkan santan dan didihkan. Selanjutnya, masukkan potongan puting susu sapi ke dalam santan dan aduk-aduk hingga bumbu meresap ke dalam puting sapi dan santan agak mengering. Jika sudah, angkat dan dinginkan sebentar. Langkah selanjutnya, tusuk 4-5  potong daging kantong susu sapi dengan tusukan sate, dan kemudian panggang sate hingga matang. Akhirnya, sajikan sate bersamaan dengan sambal dan nasi yang hangat. Yummy, rasanya akan sangat lezat.

Sekian Kuliner Khas Ramadhan, Nikmati Sate Susu Khas Bali, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Simak berbagai artikel menarik seputar kuliner lainnya hanya di Kooliner Blog.