Pernah membaca atau menikmati Rujak yang dikombinasikan dengan Es Krim? Rasanya segar sekali kan? Buah-buahan yang dibuat dengan bumbu pedas dikombinasikan dengan Es Krim yang manis dan meleleh. Ada juga Rujak yang dikombinasikan dengan Mie, yang akhirnya membuat rasa Mie menjadi pedas-pedas, asam, dan segar. Nah bagaimana jika Rujak dikombinasikan dengan Soto dan menjadi Rujak Soto?

nasionalismeco
Rujak Soto Khas Banyuwangi (Sumber : nasionalisme.co)

Itulah Rujak Soto, salah satu kuliner tradisional yang berasal dari Banyuwangi. Rujak Soto Banyuwangi adalah pengkombinasian Rujak dengan Kuah Soto. Makanan ini tentu berbeda dengan nasi campur. Ataupun tempe penyet.

Kuliner ini wajib sekali untuk dicicipi oleh para pecinta wisata kuliner. Buat anda yang sedang mampir dan penasaran dengan kuliner khas Kota Banyuwangi, mungkin anda bisa mencoba Kuliner Khas Banyuwangi ini.

Anda dijamin tidak akan dikecewakan, tetapi malah ketagihan untuk makan makanan yang satu ini lagi dan lagi. Rujak yang disiram dengan Kuah Soto yang segar ini ternyata menjadi salah satu incaran para wisatawan yang sepat berkunjung ke daerah di ujung timur Pulau Jawa ini.

asliindonesianet
Rujak Soto Khas Banyuwangi (Sumber : asliindonesia.net

Buat anda yang penasaran dengan bumbu-bumbu dan cara membuat, Kooliner akan memberikan resepnya ke anda semua. Pertama, siapkan bahan-bahan untuk membuat rujak, mulai dari tempe dan tahu goreng, kangkung, mentimun, kacang panjang yang dipotong dan direbus, tauge rebus, lontong, krupuk mlinjo, krupuk udang, dan bahan lain sesuai keinginan anda untuk menjadi campuran rujak.

Bumbu yang perlu anda siapkan adalah kacang tanah yang sudah digoreng, pisang klutuk, petis udang, gula merah, garamm, dan air asam secukupnya. Selain itu, siapkan juga bahan-bahan untuk membuat soto. Mulai dari kikil dan babat yang sudah dipotong sesuai selera, seledri, bawai prai, daun jeruk, lengkuas, serai, dan bawang goreng. Sementara bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, dan merica.

silokacom
Rujak Soto Khas Banyuwangi (Sumber : siloka.com)

Cara memasaknya cukup mudah dan hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Jika semua bumbu dan bahan sudah disiapkan, berikut adalah langkah-langkah singkatnya :

  1. Siapkan bumbu rujak, dan haluskan bersamaan
  2. Masukkan bahan-bahan rujak yang sudah disiapkan ke dalam bumbu yang sudah halus. Bahan-bahan yang perlu dimasukkan adalah lontong, tahu, tempe, kangkung, tauge, mentimun, dan kacang panjang
  3. Campur kesemua bahan dengan cara mengaduknya sampai merata
  4. Siapkan bahan membuat soto. Langkah pertama adalah rebus potongan babat dan kikil sampai empuk
  5. Haluskan bumbu soto, dan tumis bumbu tersebut pada minyak yang sudah panas.
  6. Tambahkan serai, merica, dan daun jeruk. Tumis kesemuanya hingga tercium aroma yang harum.
  7. Jika bumbu sudah harum, masukkan bumbu tersebut ke dalam rebusan babat dan kikil tadi, jangan lupa untuk menambahkan gula dan garam secukupnya.
  8. Tunggu kesemuanya hingga mendidih, dan bubuhkan potongan bawang prei dan seledri untuk tambahan penyedap.
  9. Jika soto sudah matang, siram kuah ke dalam rujak. Taburi dengan bawang goreng dan kerupuk sebelum disajikan.
surabayakulinercoid
Rujak Soto Khas Banyuwangi (Sumber : surabayakuliner.co.id)

Nah, langkah-langkah yang sangat sederhana tersebut akhirnya menghantarkan anda pada sajian Rujak Soto Banyuwangi yang sedap. Perpaduan antara bumbu kacang dan kuah soto menghasilkan sensasi rasa yang unik, gurih, dan nikmat tentunya.

Kuliner ini biasanya dihidangkan dengan krupuk mlinjo atau krupuk udang sebagai bahan pelengkapnya. Anda tak harus berkunjung ke Banyuwangi untuk mencicipi kuliner nyentrik ini. Karena, anda sudah membaca dan pastinya menyadari bahwa cara membuat kuliner ini sangat sangat mudah. Selamat mencoba!