Kombinasi Sate Lilit dan Sambal Matah Sedap – Salah satu kuliner khas Indonesia yang sudah mendunia adalah sate. Jika ada pernah berkunjung ke beberapa negara selain Indonesia, anda akan menemukan kuliner sate. Kehadiran sate di dunia luar Indonesia membuat warganya bangga tentunya.

Dari ujung Sabang sampai Merauke mengenal sate, masing-masing dengan kekhasan tersendiri. Mulai dari sate ayam, sampai dengan sate kambing, ataupun sate daging-daging yang unik dan sangat langka untuk dicari.

Ada juga keunikan-keunikan yang muncul dalam kuliner sate, mulai dari sate klathak yang khas dari Bantul Yogyakarta, sampai dengan Sate Lilit yang khas dari Bali. Nah, dalam ulasan kali ini, akan dibahas secara tuntas satu jenis sate yang banyak diminati oleh para pecinta sate, yakni Sate Lilit. Apa sih sebenarnya Sate Lilit?

satelilit4
Sate Lilit Bali

Seperti namanya, sate ini adalah salah satu sajian kuliner masakan Indonesia yang berasal dari Bali. Keunikan dari kuliner asli Bali ini adalah sajian yang khas, yakni terbuat dari daging cacah yang telah dibumbui dan dililitkan di batang sereh.

Dikarenakan Sate ini terbuat dari daging yang sudah dicacah, makanan ini pun memiliki rasa yang enak sekali, empuk dan juga lezat. Hal inilah yang membuat Sate Lilit Bali memiliki banyak sekali penggemar dari seluruh pelosok negeri dari anak- anak dan orang tua.

Sate Lilit Bali ini patut dicoba ketika anda sedang berkunjung di Bali. Nah, jika anda sedang tidak berada di Bali ataupun anda ingin membuat Sate Lilit ini sendiri di dapur anda, anda tidak perlu khawatir. Sate Lilit ini sangat mudah untuk dibuat dan dimasak sendiri, tanpa harus mencari bahan dan menemukan caranya di Bali. Anda bisa membuatnya sendiri.

Beberapa bahan yang harus anda siapkan adalah Daging ayam giling 300 gram, Kelapa parut muda kira-kira 6 sendok makan, Garam 1 sendok the, Serai 12 batang ( digunakan untuk tangkai sate lilit ), caranya dengan  dipotong sedikit pangkal serai dan potong ujungnya ukuran kira-kira 17 centi meter , cuci bersih dan tiriskan agar tangkai agak kering sehingga siap untuk dijadikan tusukan sate. Setelah itu, diperlukan juga beberapa bahan untuk membuat bumbu halus, yakni Bawang merah 6 butir, Bawang putih 3 siung, Cabai merah 3 buah, Kencur 1 ruas, Jahe 1 ruas, Lengkuas 1 ruas, Kunyit 1 ruas, Kemiri sangrai 3 butir, Merica butiran 1/2 sendok teh, Ketumbar sangrai 1/2 sendok teh, dan Serai 1 batang (diambil bagian putihnya).

satelilit2
Kuliner Sate Lilit Bali

Selanjutnya, untuk membuat Sate Lilit tersebut, silahkan mengikuti beberapa tahapan berikut ini : Langkah awal haluskan bumbu halus, anda dapat menggunakan blender dengan sedikit air. Selanjutnya dimangkuk ukuran sedang, campur daging ayam giling, kelapa parut dan bumbu halus serta garam, kemudian aduk hingga rata.

Siapkan pan datar, beri sedikit minyak, dan selanjutnya panaskan. Untuk mengetes rasa, ambil sedikit adonan, lalu masak sebentar hingga matang. Jika dirasa ada yang kurang silahkan tambahkan bumbu lainnya menurut selera anda.

Setelah itu ambil sekepal adonan, kepalkan pada serai sambil sedikit dipadatkan. Jika sudah terpasang, letakkan langsung pada pan datar, dan lakukan hingga adonan semua habis. Masak dan bolak balik hingga semua sisi sate lilit matang.

satelilit3
Sambal Matah Pedas

Sate Lilit tersebut biasanya disajikan dengan sambal yang biasanya disebut dengan Sambal Matah. Cara membuatnya sangat simpel/mudah. Pertama-tama iris bawang merah dan cabai, kemudian campur di dalam mangkuk dan remas-remas dengan tangan (sebaiknya anda menggunakan sarung tangan plastik atau plastik agar tangan anda tidak pedas). Selanjutnya, goreng terasi sambil dihancurkan.

Jika sudah hancur, langsung tuangkan terasi berikut minyaknya kedalam mangkuk yang berisi bawang dan cabai yang sudah diremas-remas tadi. Sambal Matah sudah siap disajikan dengan tambahan garam dan air jeruk nipis. Nah, dengan ini Sate Lilit Ayam Khas Bali & Sambal Matah siap untuk disantap.