Sate Ayam Martawi, Kuliner Khas Cilacap – Pernahkah kamu berbincang dengan orang yang berasal dari Cilacap Jawa Tengah? Pasti kamu akan menahan tawa dengan dialegnya yang ngapag dan khas. Dialeg unik ini bahkan sangat sulit dihilangkan walaupun mereka sudah berbicara menggunakan bahasa Indonesia.

Keunikan lainnya dari kota yang berada di pesisir pantai Jawa bagian selatan ini adalah kulinernya yang bermacam-macam. Daerah yang dekat dengan Pulau Nusa Kambangan ini menyimpan kuliner unik yang sangat jarang ditemukan di daerah lain.

Apa saja kuliner tersebut?

Sate Ayam Martawi

info-kulinercom
Sate Ayam Martawi (Sumber : info-kuliner.com)

Sebenarnya dari wujud sate ini, Sate Ayam Martawi tidak jauh berbeda dengan sate ayam lainnya yang sudah pernah kamu temui. Tetapi, jika kamu memang pecinta sate, sangat diajurkan untuk mencicipi sate khas Cilacap ini.

Dari segi rasanya, terrasa ada perbedaan yang hanya ditemukan di sate ini. Uniknya lagi, Sate Ayam Martawi ditusuk dengan dua tusuk sate. Tidak tahu apa alasannya, tetapi Sate Ayam Martawi ini adalah salah satu kuliner khas dan unik dari Cilacap.

Nah selain Sate Ayam Martawi, berikut beberapa kuliner lainnya khas Cilacap.

Martabak Tempe

dapurumamicom
Martabak Tempe (Sumber : dapurumami.com)

Pernahkah kamu mencicipi Martabak tetapi berbahan dasar Tempe? Aneh memang jika diperhatikan, martabak kok dari tempe. Tapi itulah salah satu kuliner khas Cilacap, Martabak Tempe.  Martabak ini di buat dengan tambahan tempe kedelai. Saat kamu menggigit martabak ini, kamu akan merasakan tempe kedelai yang masih kasar dan rasakan sensasinya.

Rempeyek Yutuk

negerikuindonesiacom
Rempeyek Yutuk (Sumber : negerikuindonesia.com)

Salah satu makanan yang terkenal di cilacap adalah peyek yutuk. Yutuk adalah hewan laut yang mirip dengan kepiting. Yutuk diolah sedemikian rupa untuk menjadi mata rempeyek. Rasanya gurih dan juga tampilannya mengoda.

Warna merah yang menyala dari yutuk yang sudah di goreng ini menjadikan rempeyek ini banyak di pilih karena unik. Biasanya peyek yutuk ini di jadikan teman makan pecel atau pun kuliner lainnya. Rempeyek yutuk ini banyak di temukan di rumah makan yang ada di Cilacap.

Seafood Pantai Teluk Penyu

blogtravelinerblogspotcom
Seafood Pantai Teluk Penyu (Sumber : blog-traveliner.blogspot.com)

Tiidak tahu kenapa, setiap orang yang pernah datang ke Cilacap pasti merekomendasikan tempat makan di daerah Pantai Teluk Penyu. Teristimewanya adalah Seafood yang ada di daerah tersebut.

Seafood Pantai Teluk Penyu terkenal dengan rasanya yang enak dan ditimbulkan dari bumbunya yang mantap. Seafood ini diracik dengan bumbu yang pas dan lezat. Tidak jauh berbeda dengan Seafood lainnya, harga di tempat ini juga tidak terlalu mahal walaupun sudah berada di tempat wisata.

Selain kesemua makanan unik tersebut, Cilacap juga terkenal dengan banyak masakan khas yang juga tidak kalah menggoda, mulai dari tempe mendoan, martabak alaska, dan sop gurame. Nah, buat kalian yang sempat mampir ke Cilacap, jangan lupa ya untuk mampir kulineran.