Ada yang pernah makan di WARTEG? Ya, Warteg atau Warung Tegal adalah satu tipe tempat makan yang SUPER MURAH dan sangat mudah ditemui di berbagai kota di Indonesia. Biasanya mereka akan menamainya dengan Warteg BAHARI, yang kemungkinan karena Tegal ada di Pesisir Pantai, jadi sangat mudah jika dinamakan Bahari. Biasanya di warung makan ini, akan disajikan makanan-makanan rumahan, mulai dari nasi, sayurnya, ikan dan daging, sampai tempe, tahu, jengkol, dan lainnya. Dan istimewanya, tempat makan seperti ini justru selalu ramai dan buka 24 jam, loh. Heran? Jangan heran, karena semua makanan di Warteg ini bisa dipastikan selalu baru dan harganya pun murah. Hanya dengan merogoh kocek Rp. 15.000,- saja, kamu bisa menyantap seporsi makan yang istimewa.

Lalu apakah Warteg sudah merepresentasikan kuliner dari Kota Tegal? Wah, ternyata tidak! Kota Tegal yang terletak di Jawa Tengah ternyata memiliki banyak kuliner khas yang sangat wajib untuk dicicipi ketika kamu bertandang ke kota ini. Kota yang terkenal dengan dialeg tegal yang khas ini menyimpan beberapa kuliner unik, yaitu :

Nasi Pongol Setan

Nasi Pongol Setan ini adalah nasi yang sehari-hari disantap oleh Masyarakat Tegal. Nasi Pongset biasanya disajikan dengan tempe goreng tepung, oseng tempe dan tahu, dan ditambah dengan ikan asin, bihun, atau petis tempe. Kurang lengkap juga kalau nasi ini tidak disajikan dengan kerupuk dan teh tawar hangat. Nasi Pongol Setan biasanya disajikan untuk menu sarapan. Ketika kamu sedang mampir di Kota Tegal, kamu tidak perlu susah-susah mencarinya, karena penjualnya menyebar di seluruh penjuru Tegal.

masakandapurku2com
Nasi Pongol Setan Khas Tegal (Sumber : masakandapurku.com)

Teh Poci

Ayo Moci! Moci adalah salah satu aktivitas masyarakat Tegal yang berarti minum Teh Poci. Nah, buat kamu yang sedang ada di Tegal, jangan lupa untuk menikmati teh yang diseduh dalam poci tanah liat. Selain aromanya yang khas, Teh Poci ini juga disajikan dengan gula batu, bukan gula merah. Hampir di seluruh Tempat Makan di Tegal akan menyajikan Teh Poci sebagai minuman utamanya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Teh Poci Khas Tegal (Sumber : waroengcicitegal.wordpress.com)

Tahu Aci

Nah, untuk cemilannya, kamu bisa mencicipi Tahu Aci, yaitu Tahu khas Tegal. Tahu ini berbeda dengan Tahu Sumedang. Tahu Aci dipotong segitiga, dna berisi tepung kanji atau masyarakat Tegal sering menyebutnya dengan nama ACI. Jika kamu sedang mampir di Tegal, kamu bisa menemukan penjual Tahu Aci di banyak tempat. Kalau mau mencari Toko yang legendaris menjual Tahu Aci, silahkan mencari Toko bernama Nata Jaya.

sayangicom
Tahu Aci Khas Tegal (Sumber : sayangi.com)

Untuk menyantapnya, kamu bisa menikmati Tahu Aci dengan sambal kecap atau cabai rawit. Wah, pasti sedap sekali karena Tahu Aci akan menimbulkan efek kenyal dan enak. Dan sebaiknya, Tahu Aci ini disajikan dan disantap dalam kondisi masih hangat.

Soto Tegal & Tempe Mendoan

masakandapurku4com
Soto Khas Tegal (Sumber : masakandapurku.com)

Ternyata, Tegal juga memiliki Soto sebagai makanan khasnya. Soto Tegal pasti berbeda dengan soto lainnya. Soto ini berbeda dengan lainnya, karena mempunyai tauco yang enak berwarna coklat (biasanya kuning) serta dilengkapi dengan tauge. Tak jarang beberapa warung juga menambahkan nasi langsung kedalam mangkuk soto ini. Kamu bisa memilih soto ayam maupun soto babat, tergantung dengan selera masing masing. Soto Tegal biasanya juga dibarengi dengan Tempe Mendoan yang tebal dan enak.

masakandapurku3com
Tempe Mendoan Khas Tegal (Sumber : masakandapurku.com)

Tempe mendoan adalah tempe yang digoreng setengah matang, dengan tepung dan bumbu dapur. Karena hanya digoreng setengah matang, tempe mendoan memiliki warna putih pucat.

Nah, buat kalian yang sudah menjelajahi kuliner di Kota Tegal, jangan lupa untuk membagikan pengalaman serumu ya. Pasti ada kuliner lainnya yang masih terselubung di pelosok Kota Tegal.