Kota Surabaya terkenal dengan bahasanya yang khas dan tergolong kasar jika dibandingkan dengan bahasa Jawa yang lain. Anehnya lagi, kata-kata kasar atau umpatan itu ternyata malah dijadikan nama kuliner di Surabaya. Dan hebatnya, kuliner-kuliner dengan kata-kata umpatan sebagai nama menu tersebut, menjadi terkenal dan diminati oleh banyak orang.

Jika anda jalan-jalan dan sempat singgah di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini, anda bisa menikmati semua kuliner dengan nama unik tersebut dengan sekali jalan. Pasalnya, di Kota Surabaya tersendiri, mencari kuliner-kuliner tersebut sangat mudah dan letaknya yang tidak saling berjauhan. Nah, buat anda yang penasaran dengan kuliner-kuliner bernama unik dari Surabaya, berikut ini adalah beberapa contoh kuliner yang wajib anda coba.

Daftar Kuliner Khas Surabaya

Rawon Setan

rawon-setan-surabaya-tokomesin
Rawon Setan – Kuliner Khas Surabaya

Rawon Setan adalah salah satu kuliner unik dari Surabaya yang paling legendaris. Meskipun kuliner ini sudah banyak ditemui di kota-kota lain di Indonesia, Rawon khas Surabaya selalu menjadi pilihan favorit bagi para pengunjung. Jika kita melihat sejarahnya sendiri, Rawon sudah ada sejak jaman Revolusi, yakni sekitar tahun 1950-an. Pada awalnya, Rawon Setan terkenal hanya buka dan melayani pengunjung pada tengah malam, mulai dari pukul 22.00 sampai 04.00 pagi. Siapa pelanggannya?

Banyak pelanggan yang datang dari para pekerja-pekerja malam di seputaran Surabaya. Tetapi tidak sedikit juga yang rela datang tengah malam atau dini hari hanya untuk mencicipi seporsi Nasi Rawon Setan spesial ini. Walaupun berpusat di Surabaya, Rawon dan Rawon Setan sendiri sudah merambah berbagai tempat di Indonesia, dan bahkan sudah mulai dikenal di Luar Negeri. Kekhasan ‘Setan ‘ ini sendiri yang membuat para pencintanya menjadi ketagihan.

Bebek Mercon

resep-masakan-bebek-mercon
Bebek Mercon – Kuliner Khas Surabaya

Anda sudah pernah merasakan kuliner dari Bebek? Dagingnya yang khas dan unik membuat para pecinta daging bebek tidak pernah absen untuk melahapnya terus dan terus. Di Surabaya sendiri, ada satu kuliner bebek yang khas dan juga sampai sekarang diminati, yaitu Bebek Mercon.

Menunya yang melegenda ternyata membuat para pengunjung Kota Surabaya mencarinya. Bebek mercon sendiri adalah bebek goreng dengan rasa yang pedas, dan akan meledak di mulut. Nah, itulah alasannya mengapa dinamakan Bebek Mercon. Bebek Mercon yang pedas ini disajikan dengan tekstur yang renyah, nasi putih yang masih hangat, dan juga dilengkapi dengan kuah jeroan.

Buat anda yang tidak terlalu suka dengan kuliner yang pedas bagaimana? Jangan khawatir, Bebek Mercon ternyata ada level -level kepedasan yang bisa anda atur sendiri, mulai dari pedasnya yang sedang, sampai dengan yang super pedas. Gerai pertamanya yang ada di seputaran Kayoon Surabaya, sekarang sudah merambah dan membuka cabang di berbagai daerah. Jika anda sedang ada di Surabaya, anda sangat wajib untuk mencobanya.

Sate Klopo

sate-klopo-kompasiana
Sate Klopo – Kuliner Khas Surabaya

“Klopo” dalam bahasa Jawa adalah Kelapa. Lalu apakah Sate Klopo adalah Sate yang dagingnya dari Kelapa? Bukan! Kuliner yang satu ini sangat diminati oleh pengunjung dari luar kota Surabaya lho, pasalnya memang hanya ada di Surabaya saja, dan tidak bisa ditemui di kota lain.

Salah satu tempat yang legendaris dari Sate Klopo ini sendiri adalah Sate Klopo Ondomohen, yang terletak di Kota Surabaya. Sate Klopo ini dibuat dari daging sapi dan ayam seperti biasanya, dan dilumuri oleh parutan kelapa, dan kemudian dibakar. Saat sate dibakar, maka aroma khas kelapa akan tercium harum, dan aromanya bercampur dengan bumbu-bumbu yang meresap dalam daging. Jika anda sedang mampir di Kota ini, jangan lupa untuk mencicipinya.

Nasi Goreng Jancuk

nasi-goreng-jancuk-2
Nasi Goreng Jancuk – Kuliner Khas Surabaya

Buat kalian yang memiliki teman dari Surabaya atau daerah lain di Jawa Timur, pasti anda tidak asing lagi dengan umpatan “Jancuk”. Jancuk adalah umpatan yang sangat sering sekali diucapkan oleh teman-teman kita dari Jawa Timur, terkadang hanya dengan menyebut “Cuk”. Nah lalu bagaimana dengan Nasi Goreng Jancuk? Nasi Goreng yang disajikan dengan sangat Jumbo ini ternyata diperuntukkan untuk 3 atau 4 porsi. Uniknya, ada dua level yang bisa mereka sajikan, yaitu level Jancuk, dan juga level Ekstra Jancuk. Mengapa Jancuk? Selain kepedasannya yang khas dari olahan cabai dan lada hitam, rasa Nasi Goreng ini akan membuat para penyantapnya merasa puas. Kepuasan para pelanggan ini yang kemudian diekspresikan dengan umpatan “Jancuk”.

Mie Jemblung

1620481jemblung780x390
Mie Jemblung – Kuliner Khas Surabaya

Jika anda sempat berada di Kota Surabaya, anda juga wajib untuk menyantap satu kuliner khasnya yang bernama Mie Jemblung. Apa artinya Jemblung? Di Surabaya, Jemblung berarti kegendutan yang sudah berlebihan. Berbeda dengan Nasi Goreng Jancuk yang menawarkan level kepedasan yang berbeda-beda, Mie Jemblung hanya memiliki 1 level kepedasan saja. Kuliner unik Surabaya ini disajikan dengan kombinasi antara bakmi segar yang lengkap dengan sayuran dan ayam cha siu. Untuk Mie Jemblung, biasanya porsinya cukup banyak, dan harganya juga cukup mahal, sekitar 130 ribu setiap porsinya. Tetapi dengan harga yang seperti itu, anda tidak akan pernah menyesal pernah menyantapnya.