Pernahkah anda main ke Pantai Pasir Putih atau Taman Nasional Baluran yang ada di Situbondo Jawa Timur? Kedua obyek wisata tersebut sangat digandrungi oleh para wisatawan, dan suka dikunjungi oleh para turis dari luar Jawa Timur. Bahkan banyak juga pengunjung yang datang dari luar Pulau Jawa, atau juga turis mancanegara.

Sama seperti berkunjung ke kota atau daerah lain, selain menikmati keindahan obyek wisata yang dituju, anda sangat wajib hukumnya untuk menikmati kuliner khas daerah tersebut. Lalu apa kuliner yang wajib anda cicipi ketika anda sedang berwisata ke Pantai Pasir Putih atau Taman Nasional Baluran di Situbondo.

inicumablogspotcom
Tajin Palappa Khas Situbondo (Sumber : inicuma.blogspot.com)

Salah satu yang wajib anda cicipi ketika datang ke Situbondo, Jawa Timur, adalah Tajin Palappa. Apa itu Tajin Palappa? Tajin Palappa adalah kuliner asal Madura. Dalam bahasa daerah Madura, Tajin artinya adalah Bubur, dan Palappa adalah Bumbu. Makanan khas Madura ini bisa menjadi kuliner khas Kabupaten Situbondo karena sebagian besar masyarakatnya adalah pendatang dari Pulau Madura.

tegal-mijinblogsp
Tajin Palappa Khas Situbondo (Sumber : tegal-mijin.blogspot.com)

Keunikan yang disuguhkan dalam seporsi Tajin Palappa jika dibandingkan dengan bubur lainnya adalah dari kuah yang digunakan. Kuah Tajin Palappa adalah berupa bumbu pecel yang encer. Kemudian, dalam seporsinya, akan ada sayuran berupa kangkung dan tauge, serta tambahan bakwan, hongkong, dan terem.

Sebagai informasi, bakwan, hongkong, dan terem adalah jenis-jenis gorengan yang sangat terkenal di Situbondo. Di Situbondo sendiri, Tajin Palappa banyak dijual di pinggir jalan oleh para pedagang kaki lima. Jika anda sudah pernah ke Situbondo, pedangan kaki lima tersebut akan banyak ditemui di Jl. Kenanga, Jl. Cenderawasih, Jl. Semeru, dan lainnya.

bilikkatakublogsp
Tajin Palappa Khas Situbondo (Sumber : bilikkataku.blogspot.com)

Bagi anda yang penasaran sekali dengan cara membuat seporsi Tajin Palapa, Kooliner akan memberikan bocoran resep dan cara membuat yang bisa anda ikuti sendiri di dapur anda. Mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan : Siapkan bahan utama berupa beras, santan, air, daun pandan, dan garam. Kemudian bahan bumbu dan pelengkap Tajin Palappa terdiri dari petis ikan, petis udang, kacang tanah yang digoreng, cabai rawit, asam jawa atau cuka, air, tauge atau kecambah, tahu goreng, dan atau bakwan sesuai selera.

dijehteriakblogs
Tajin Palappa Khas Situbondo (Sumber : dijehteriak.blogspot.com)

Resep dan Cara Memasak Tajin Palappa Situbondo

Jika kesemua bahan yang diperlukan sudah disiapkan, maka hal selanjutnya adalah langkah-langkah pembuatan Tajin Palappa, yaitu :

  • Buat bubur dari beras yang sidah disiapkan.
  • Jika bubur sudah matang, masukkan santan, pandan, dan garam. Aduk sampai merata, dan mengental sempurna
  • Buat bumbu Tajin Palappa, yaitu terdiri dari kacang tanah, cabai, petis ikan dan petis udang, cuka atau air asam jawa, dan air. Kesemua bahan tersebut silahkan dihaluskan terlebih dahulu.
  • Goreng tahu dan persiapkan gorengan untuk suwiran
  • Tahap penyajiannya : Siapkan piring saji, masukkan bubur yang sudah jadi diatas wadah tersebut, kemudian tambahkan sayuran, kecambah, dan gorengan diatasnya. Setelah itu, siram dengan bumbu yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  • Jika sudah sampai tahapan ini, maka Tajin Palappa sudah siap untuk disantap.

Cukup mudah bukan langkah-langkah untuk membuat Tajin Palappa ini? Silahkan resep ini dibagikan agar orang semakin terampil dalam membuat Tajin Palappa khas Kabupaten Situbondo. Selamat mencoba!