Hai pecinta Mie! Siapa yang suka dengan olahan atau kuliner yang berbahan dasar Mie? Mulai dari Mie Ayam, Mie Bangka, Bakmi Jawa, atau mie lain yang khas dari masing-masing daerah anda.

Mie begitu fleksibel untuk dijadikan olahan yang enak dan menarik. Nah, salah satu kuliner Pontianak yang khas dari negeri Tionghoa dan sudah sangat menyebar luas adalah Mie Tiaw.  Mie Tiaw adalah salah satu olahan mie khas negeri tionghoa yang memiliki warna putih dan ukuranya juga cukup lebar bahkan terlihat sedikit lebih besar dari pada ukuran mie pada umunnya.

Di Pontianak sendiri, Mie Tiaw yang cukup terkenal adalah Mie Tiaw Daging Sapi Apollo. Letaknya di jantung kota Pontianak membuat Mie Tiaw ini begitu favorit. Bahkan jika anda berkunjung kesana, sampai tengah malam sekalipun, anda akan menemukan antrian yang masih bejubel. Pengunjung yang datang memesan ada yang rela antri untuk makan seporsi Mie Tiaw disana, tetapi ada juga yang memilih untuk membungkusnya dan membawa pulang.

Mantabnya Seporsi Mie Tiaw
Mantabnya Seporsi Mie Tiaw

Ketika anda merasakan sesendok demi sesendok Mie Tiaw ini, anda akan menemukan kombinasi bumbu yang menggoda. Bumbunya terpadu dengan sempurna, tanda cara masaknya yang tidak asal-asalan. Ketika anda menyantapnya, anda akan menemukan potongan-potongan daging yang cukup besar dan banyak, babat, tauge, dan juga sayuran lainnya. Dan yang paling penting, seporsi Mie Tiaw ini dijual dengan harga yang sangat murah. Anda pasti tidak akan menyesal setelah menyantapnya. Kombinasi pas seporsi Mie Tiaw ini adalah dengan meminum kesegaran Jeruk Pontianak yang hanya ada di Kota Khatulistiwa.

Buat anda yang sangat penasaran dengan Mie Tiaw ini, anda bisa mengolah dan memasaknya sendiri dirumah. Bahan-bahan yang harus anda siapkan adalah kwetiaw, atau mie telur yang sudah direbus dan ditiriskan, sawi hijau yang sudah dipotong, udang yang sudah dibuang kepalanya, bunga kol yang sudah dipotong, suwiran daging ayam yang sudah direbus, bakso sapi yang sudah dipotong, tomat, daun bawang, telur, minyak goreng untuk memasaknya, kecap manis, dan juga garam. Sementara itu, harus disiapkan juga bumbu halus dan juga bahan pelengkap. Bumbu halusnya terdiri dari cabai giling,bawang putih, bawang merah, jahe, dan garam. Selain itu, bahan pelengkapnya adalah kerupuk udang goreng, ketimun, cabai rawit, cuka, dan juga beberapa orang membutuhkan garam serta gula pasir.

Mantabnya Seporsi Mie Tiaw
Mantabnya Seporsi Mie Tiaw

Cara memasaknya cukup mudah bagi anda yang suka bereksperimen. Pertama kali, campur semua bahan pelengkap kecuali kerupuk udang goreng hingga merata lalu diamkan kurang lebih selama semalam.

Tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukkan udang, ayam, dan bakso sapi lalu aduk hingga berubah warna. Masukkan telur secara perlahan saja sambil terus diaduk hingga menjadi berbutir kasar atau terlihat butiran seperti pasir.

Tambahkan kwetiau, sawi, kol, tomat, dan daun bawang, aduk perlahan hingga rata lalu masukkan kecap dan garam. Aduk kembali hingga kwetiau terbalut kecap dan bumbu lainnya secara sempurna kemudain angkat dan segera sajikan. Jangan lupa saat penyajian tambahkan kerupuk udang goreng dan acar mentimun segar kesukaan anda atau keluarga.

Nah, anda dan keluarga sudah bisa menikmati Mie Tiaw yang unik, enak, dan super gurih ini. Sebenarnya, anda bisa mengkombinasikan bahan-bahan yang anda dan keluarga sukai, agar Mie Tiaw yang anda masak dapat memenuhi semua kebutuhan dan kesukaan semua anggota keluarga anda. Selamat memasak, dan selamat bereksperimen.