Ciamis adalah salah satu kota kecil di Jawa Barat yang sangat jarang diekspose oleh media. Jawa Barat selalu didominasi oleh Bandung, Cirebon, Bogor, dan Sukabumi dalam segala hal. Tetapi siapa sangka Ciamis juga menyimpan banyak sekali rahasia, apalagi jika kita berbicara tentang destinasi wisata dan kuliner. Ciamis yang berlokasi di bagian Timur provinsi Jawa Barat ini memiliki banyak tempat wisata, antara lain Situ Lengkong Panjalu, sebuah wilayah rekreasi dan wisata budaya. Ada juga Situs Peninggalan Kerajaan Galuh, beberapa Curug, Kampung Kuta bernuansa Bali, dan beberapa pantai hits Ciamis, yaitu Batu Hiu, dan juga Pangandaran.

Wilayah Ciamis yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah ini juga menjadi wilayah yang dilewati arus perjalanan dari Jawa Barat ke Jawa Tengah. Kondisi ini juga yang akhirnya membuat Ciamis memiliki banyak kuliner khas, baik itu yang bersifat makanan berat, maupun oleh-oleh yang bisa dijadikan buah tangan. Apakah kalian pernah membawa atau mencicipi kuliner khas Ciamis? Yuk kita simak beberapa kuliner khas Kabupaten Ciamis.

Pindang Gunung

Pindang Gunung adalah kuliner yang menyerupai Sop Ikan, khas dari masyarakat Ciamis. Makanan Pindang Gunung yang berbahan utama ikan ini banyak ditemui di warung pinggir jalan atau warung kopi di seluruh area Ciamis. Yang membedakan Pindang Gunung dengan Sop Ikan yang banyak kita temui adalah citarasanya yang berasal dari bumbu warisan nenek moyang di daerah Ciamis. Konon cara memasaknya juga khusus dan unik.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Pindang Gunung khas Ciamis (sumber : diciamis.com)

Sale Pisang

Cemilan ini banyak ditemui di beberapa kota di Indonesia, dan sudah merajalela di hampir semua pusat janjanan atau oleh-oleh di setiap daerah. Tetapi siapa sangka, sale pisang ini asalnya dari kota Ciamis. Bagi kalian yang tidak suka makan buah pisang, sale pisang ini bisa dijadikan alternatif. Walaupun berbahan dasar pisang, tekstur sale dan rasa manis atau gurihnya pasti tidak akan membuat kalian takut untuk menyantapnya. Sale pisang menjadi trend oleh-oleh dari Kabupaten Ciamis.

bacateruscom
Sale Pisang (sumber : bacaterus.com)

Abon Sapi

Ternyata abon sapi juga menjadi kuliner khas kota Ciamis. Dan bahkan, abon Sapi ini menjadi makanan sehari-hari masyarakat Ciamis. Nah, jika kalian sangat malas untuk makan daging sapi atau rendang yang kadang masih keras dan alot, kalian bisa menyantap abon sapi ini. Katanya, rasa abon sapi dari Kabupaten Ciamis ini berbeda dengan abon sapi yang berasal dari daerah lain.

tokopediacom
Abon Sapi (sumber : tokopedia.com)

Galendo

Pasti masih banyak orang yang belum pernah mendengar kuliner bernama galendo ini. Galendo adalah salah satu oleh-oleh khas Ciamis yang berbahan dasar sari kelapa yang sudah diendapkan selama beberapa waktu. Galendo menjadi oleh-oleh, sekaligus ikon Kabupaten Ciamis. Sangat popular dan menjadi salah satu oleh-oleh wajib bagi siapapun yang bertandang ke daerah ini.

plusgooglecom
Galendo (sumber : plus.google.com)

Nah, selain beberapa kuliner tersebut, Ciamis juga masih memiliki banyak sekali kuliner daerah yang unik dan menggelitik untuk dicoba. Buat kalian yang sedang berada di Ciamis, jangan lupa untuk mencicipi dan berbelanja kuliner khas kabupaten ini ya!