Mau Kuliner Kaya Nutrisi? Cicipi Sayur Ares Lombok – Apakah anda sudah pernah mendengar kata Ares? Ternyata, ares adalah nama masakan berupa sayuran dari Suku Sasak, di daerah Lombok NTB. Ares biasanya akan disajikan dalam acara begawe, yaitu acara makan-makan setelah berlangsungnya pernikahan.

Selain di Lombok, di Provinsi Bali sayur ares atau jukut ares juga merupakan kuliner khas yang disajikan dengan lawar atau disantap bersama babi guling.

Ares adalah masakan yang terbuat dari batang pohon pisang yang masih muda, dan diolah menjadi sayur.

lombokdotpanduanwisatadotid
Batang Pisang Sumber : lombok.panduanwisata.id

Ternyata ares muncul dari sejarah dan juga kebiasaan masyarakat suku sasak jaman dulu. Dulu, Lombok pernah dilanda musim kering yang sangat lama. Musim ini membuat tumbuhan susah untuk bertahan hidup. Sampai ada orang yang menemukan pohon pisang yang masih hidup sebagai satu-satunya jenis tumbuhan yang bertahan ditengah kekeringan.

Dengan modal nekat, orang yang bernama ARES tersebut mencoba mengolah pohon pisang itu menjadi sayur, yang sekarang dikenal dengan Sayur Ares. Selain pohon pisang, batang pohon kelapa yang masih muda juga diolah menjadi sayuran yang biasa dimakan saat ini. Masyarakat Lombok menyebutnya sebagai Sayur Umbud.

Kandungan Batang Pisang

Seperti teksturnya, batang pohon pisang kaya akan serat, dan dapat memberikan asupan yang baik bagi orang yang sedang bermasalah dalam proses perncernaan. Selain serat, batang pisang juga mengandung air sebanyak 91%, protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, dan mineral lainnya (kalsium, fosfor, besi, dan kalium).

wisatadilombokdotcom
Sayur Ares Sumber : wisatadilombok.com

Jika dibandingkan dengan sayuran lain, kandungan protein, lemak, dan karbohidrat dari sayuran ini tidak jauh berbeda. Tetapi kandungan yang cukup tinggi adalah kalium, yaitu sebesar 533 mg dalam setiap 100 gramnya.

Mengolah Sayur Ares

Bahan-bahan untuk membuat sayur ini sangatlah mudah untuk ditemukan. Terutama bahan utamanya yaitu batang pohon pisang, pasti dimanapun anda dapat menemuinya. Bahkan di supermarket besar, batang pohon pisang sudah dijual setara dengan sayuran-sayuran yang lain.

cookpaddotcom
Sayur Ares Sumber : cookpad.com

Bahan yang lain yang harus anda siapkan antara lain bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, lengkuas, kencur, merica, ketumbar, dan kemiri. Bumbu-bumbu tersebut dirajang sampai halus, kemudian digoreng dengan minyak goreng. Agar rasanya dapat terjaga, maka anda bisa menambahkan minyak kelapa sebanyak satu sendok makan saja. Kemudian, anda bisa juga membuat bawang goreng untuk penyajiannya. Anda juga bisa menggunakan potongan daging sesuai selera agar sayur dapat lebih menggairahkan selera. Daging yang biasa digunakan adalah ayam, bebek, atau mentok.

hiburandotdbagusdotcom
Sayur Ares Sumber : hiburan.dbagus..com

Batang pohon pisang yang sudah dibersihkan silahkan diiris tipis dan menyerupai gelang, kemudian pisahkan satu demi satu. Bahan yang sudah dipotong tersebut silahkan disirami dengan garam dan diperas-peras sampai airnya kering. Kesemua bahan dan bumbu dapat segera dimasak seperti mengolah sayur lainnya. Jika sudah masak, maka anda dapat menghidangkan kuliner kaya nutrisi khas lombok ini di meja makan keluarga anda. Selamat mencoba!