OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Menikmati Barongko, Kue Khas Bugis yang Lembut – Makassar menyimpan banyak sekali jenis makanan yang sangat terkenal sampai ke seluruh pelosok Indonesia. Tidak hanya kuliner yang berupa makanan berat (nasi atau mie) saja, tetapi juga makanan kecil seperti kue-kue yang juga sudah melegenda dan terkenal. Salah satu yang sangat terkenal adalah barongko.
Barongko adalah salah satu kue khas Bugis yang terbuat dari pisang dan telur, ditambah dengan bahan-bahan yang sederhana dan gampang untuk dicari. Jika anda ingin membuat kue ini, anda tidak perlu membuang waktu anda terlalu lama, tetapi sebaliknya anda harus memberikan konsentrasi dan ketelitian agar yang dibuat memuaskan.
Bahan-bahan yang perlu anda siapkan adalah daun pisang yang masih muda yang akan dijadikan sebagai pembungkus, pisang, telur, gula pasir, vanili, kelapa yang sudah diparut, susu kental manis, dan air untuk adonan. Bahan-bahan tersebut tidak perlu anda cari dengan susah payah bukan? Selanjutnya, anda perlu memperhatikan langkah-langkah untuk membuang barongko itu sendiri.
Pertama, gunting daun pisang dengan sesuai ukuran yang diinginkan misal 30 x 15 cm,kalo bisa bentukkan  daun pisang seperti perahu. Kupas pisang yang sudah masak dari kulitnya dan tengahnya yang hitam di buang, lalu masukkan santan seperti bahan di atas. Masukkan kedalam wadah lalu blender sambil menuangkan santan sedikit demi sedikit secara perlahan.
Setelah itu tuangkan pisang yang telah di blender ke dalam blaskom. Tambahkan telur kedalam blaskom lalu kocok hingga merata dan benar-benar lembut.
barongko1
Menikmati Barongko, Kue Khas Bugis
Jika sudah mencapai tahap itu, masukkan gula pasir dan bubuk vanili, kemudian silahkan diaduk sampai rata. Angkat adonan yang sudah tercampur tersebut dengan menggunakan cangkir dan tuangkan kedalam cetakan daun pisang yang telah dibentuk.
Cetakan tersebut bisa dibuat dengan daun pisang yang dibuat seperti kerucut atau kotak/wadah. Ujung daun pisang ditutup dengan menggunakan hekter supaya adonanannya tidak mudah terbongkar. Tahap terakhir proses pengukusan, susun rapi dalam dandang lalu kukus selama 30 menit atau daun pisang berubah warna hijau tua. Jika sudah, anda bisa mengangkatnya dan mendinginkannya sebelum mulai disantap.
Barongko sudah siap untuk disantap. Jika anda ingin merasakan barongko dengan lebih nikmat, anda bisa memasukkannya terlebih dahulu ke dalam kulkas. Selain membuatnya menjadi lebih enak, kue tersebut menjadi lebih awet dan tahan lama. Salah satu yang membuat barongko ini menjadi sangat sedap dan enak adalah pilihan pisang, santan, dan ketepatan pengukusan.
Tekstur kue ini seharusnya dibuat sangat lembut, apalagi proses sebelum dikukus, pisang harus dihaluskan terlebih dahulu bersama dengan santan. Untuk memperoleh tekstur yang sangat lembut, biasanya proses penghalusan dibantu menggunakan blender. Terlebih untuk memperoleh tekstur dan rasa yang pas, jenis pisang yang harus digunakan adalah pisang kepok.
Menikmati Barongko, Kue Khas Bugis
Menikmati Barongko, Kue Khas Bugis
Selain rasanya yang enak dan nikmat, membuat olahan makanan dari pisang tentunya memiliki keuntungan tersendiri karena banyak sekali kandungan gizi didalamnya. Pisang yang merupakan buah yang menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil terbanyak ini ternyata kaya akan vitamin. Pisang juga merupakan buah dengan sumber gizi yang hampir sempurna, karena pisang mengandung nutrisi enam, yaitu air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral.
Berkat kandungan  tersebut, pisang memberi manfaat untuk kekebalan tubuh manusia, mencegah penyakit jantung, meredakan darah tinggi, mengatasi anemia, mengatasi gangguan pencernaan, dan menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, jika anda mengkonsumsi barongko, maka selain anda memperoleh rasanya yang legit dan khas, anda juga akan menemukan berbagai macam manfaat didalamnya.