Nasi Goreng Mafia
Nasi Goreng Mafia

Apakah kamu kenal dengan nama makanan yang satu ini? Yap, nasi goreng. Siapa sih yang tidak kenal masakan tersebut? Makanan ini merupakan sebuah makanan berupa nasi putih yang digoreng dan diaduk merata dalam minyak goreng atau bisa juga dengan margarin yang ditambahkan dengan rerempahan serta bumbu-bumbu lainnya.

Rerempahan dan bumbu-bumbu inilah yang memberikan sensasi rasa yang tidak dapat dilupakan, cocok sekali dengan selera masyarakat Indonesia. Selain rerempahan dan bumbu-bumbu, masakan yang satu ini juga diberikan telur atau daging ayam yang dicacah dan di masak bersamaan. Atau ada juga yang hanya ditaburi suwiran telur dan daging di atasnya. Selain itu sayur-sayuran juga ikut melengkapi nikmatnya cita rasa. Dan yang tidak mungkin ketinggalan adalah kerupuk yang renyah nan gurih.

Nasi Goreng Enak
Nasi Goreng | Sumber Instagram @nasigoreng.legend

Nasi Goreng, Masakan Favorit Masyarakat Indonesia

Jangan khawatir akan kesulitan untuk mencari makanan yang satu ini. Karena tidak sulit bagi kita untuk menemukan penjual yang menjajakan makanan ini di Indonesia. Dari pedagang keliling dengan gerobak sederhana, pedagang pinggir jalan, bahkan di restoran kelas atas. Jadi, wajar saja jika masyarakat Indonesia menyukai menu makanan yang satu ini. Masyarakat Indonesia juga banyak yang membuat sendiri masakan ini untuk sarapan atau makan malam.

Baginya memasaknya adalah keterampilan dasar dalam memasak. Selain mudah di buatnya, nasi yang satu ini juga mudah didapatkan bahannya. Bahkan bumbu-bumbunya pun dijual dimana saja hanya dalam satu saset lengkap. Jika kita memasak sendiri masakan ini, tentu kita dapat memilih varian nasi goreng sesuai selera yang pas.

"<yoastmark

Fakta dan Sejarah Nasi Goreng

Fakta :

Lalu apakah kamu tahu fakta mengejutkan dari makanan ini? Makanan ini merupakan salah satu makanan Indonesia paling populer di dunia. Nasi goreng tepat menduduki urutan ke-2 setelah Rendang. Pernyataan tersebut dikutip dari salah satu situs website yang merilis daftar 50 makanan terlezat di dunia (World’s 50 Most Delicious Foods) pada Juli 2012 lalu. Data tersebut didapatkan dengancara meminta pembacanya untuk memberikan voting melalui media sosial Facebook. Tentu saja tidak hanya orang Indonesia yang melakukan voting tersebut, tetapi negara-negara barat pun juga ikut campur tangan dalam voting. Fakta unik lainnya, nasi goreng juga dijadikan menu makan malam Barack Obama pada kunjungan kenegaraannya ke Indonesia pada tahun 2010. Hebatnya, beliau turut memuji kelezatan masakan ini.

"<yoastmark

 

Sejarah :

Jika dilihat dalam sejarahnya nasi adalah bagian penting dari masakan tradisional di masyarakat Tionghoa, menurut sejarah nasi sudah mulai ada sejak tahun 4000 sebelum masehi. Nasi goreng kemudian tersebar secara perlahan ke Asia Tenggara. Penyebaran ini dilakukan oleh para perantau Tionghoa yang tinggal menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng.

Makanan khas Indonesia itu sendiri sebenarnya telah muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan tidak hangat dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Maka dari itu, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan. Baca Sejarah Nasi Goreng sambil minum es teh ya.

Dengan pemikiran cara memasak tersebut, sama hal nya dengan masyarakat Indonesia yang senang mendaur ulang. Pendauran ulang ini ternyata juga berlaku pada makanan, nasi yang sudah dingin di malam hari digoreng kembali di pagi harinya. Selain menghemat ternyata rasanya pun tidak mengecewakan. Hal ini lah yang menjadikan masyarakat Indonesia sering memasak makanan ini dan menjadikannya sebagai sarapan pagi.

Lihat Resep Nasi Goreng ala Resto atau Resep Nasi goreng ayam dan coba dibuat di dapur untuk mengisi waktu kosong.