Menikmati makanan yang khas dan enak di Jawa Timur mungkin sudah anda lakukan. Tapi apakah anda sudah menikmati seporsi Rawon yang ternyata banyak diminati? Pasti jika anda melihat penampilan rawon yang pekat dengan warna kehitaman, anda langsung tidak sabar untuk menyantapnya.

Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung kluwek. Kuliner ini adalah khas Surabaya. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati.

Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup.

rawon5
Rawon yang hitam dan pekat namun lezat

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal. Lalu apakah susah memasaknya? Ternyata tidak, dan anda bisa memasak dan menyajikan rawon khas jawa timur yang lezat di meja makan keluarga anda.Rawon berbeda dengan soto ayam, dilihat dari kuahnya.

Nah, untuk mulai memasaknya, anda perlu mempersiapkan beberapa bahan-bahan yang tidak susah untuk dicari disekitar anda. Anda bisa membelinya mulai dari warung, tukang sayur keliling, sampai dengan supermarket, mudah kan?

rawon4
Rawon yang hitam dan pekat namun lezat

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah daging sapi, air, dengkul sapi yang sudah dibelah, daun jeruk, lengkuas yang dimemarkan, serai yang dimemarkan, minyak untuk menumis, penyedap rasa, dan daun bawang. Sementara itu, perlu dipersiapkan juga beberapa bahan untuk dihaluskan menjadi bumbu halus. Mulai dari kluwak, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, lada, garam, dan gula.

rawon3
Rawon yang hitam dan pekat namun lezat

Jika semua bahan sudah terkumpul, dan semua bumbu sudah dihaluskan, anda sudah siap untuk memasaknya menjadi porsi rawon yang sedap dan lezat. Pertama, siapkan Panci dan masukkan air kedalamnya. Rebus air hingga mendidih. Jika air sudah mendidih, masukkan daging sapi dan dengkul sapi, kemudian rebus hingga setengah lunak saja. Angkat dan potong daging sesuai selera, dan sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, masukkan penyedap Serbaguna Rasa Sapi ke dalam air rebusan daging tadi sehingga menjadi kaldu. Panaskan minyak pada wajan, tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, dan juga serai hingga matang dan harum. Masukkan dan campurkan potongan daging tadi ke dalam tumisan, aduk hingga merata dan masak hingga bumbu meresap. Jika bumbu sudah dirasa meresap, masukkan tumisan daging ke dalam kuah kaldu yang telah di buat tadi.

rawon2
Rawon yang hitam dan pekat namun lezat

Pastikan anda memasaknya hingga daging menjadi empuk. Bisanya, ketika memasak daging, api dalam kompor diatur sekecil mungkin, jadi bisa dimasak lebih lama, tetapi tidak membuat gosong. Jika sudah, angkat dan sajikan selagi masih hangat. Jangan lupa tambahkan pelengkap, misalnya toge, jeruk nipis dan juga telur asin. Nah, Rawon yang Lezat sudah siap anda hidangkan di meja makan keluarga anda. Selamat mencoba!