Poteng Jaje Tujak : Kuliner Tape Asli Lombok
Poteng Jaje Tujak : Kuliner Tape Asli Lombok

Poteng Jaje Tujak : Kuliner Tape Asli Lombok – Jauh-jauh ke Lombok, tapi kulineran dengan makan Tape? Ya, di Lombok ternyata punya satu kuliner yang unik, dan wajib untuk kamu coba jika mengunjungi pulang yang indah ini.

Nama kulinernya adalah Poteng Jaje Tujak. Sebenarnya, fungsi dari kuliner ini adalah sama seperti ketupat saat hari lebaran, tetapi di Lombok masyarakat menggunakan tape sebagai pengganti ketupat. Sekarang, Poteng Jaje Tujak tidak hanya dihidangkan ketika hari raya seperti Lebaran saja, tetapi juga dijual menjadi jajanan khas masyarakat Lombok.

Apa itu Poteng Jaje Tujak?

Poteng Jaje Tujak : Kuliner Tape Asli Lombok
Kuliner Lombok : Jaje Tujak | Image Source : Pinterest.com

Poteng Jaje Tujakterdiri dari dua jenis makanan yang digabungkan menjadi satu. Pertama adalah “poteng” yaitu tape, dan juga “jaje tujak” yang berarti tetel (lebih dikenal di Jawa). Bahan poteng sendiri adalah ketan  putih. Proses pembuatannya sangat simpel, hanya membutuhkan waktu pengukusan yang agak lama.

Pertama, ketan, daun suji sebagai pewarna, dan juga daun pandan sebagai pewangi dikukus dalam waktu 1,5 jam. Setelah matang, maka nasi ketan harus diangin-anginkan menggunakan nampan selama 1 jam. Setelah itu, nasi ketan harus ditaburi menjadi ragi, dibiarkan dalam tempat tertutup selama 3 hari, dan akhirnya menjadi poteng.

www-kampungstripmediacom
Poteng Jaje Tujak(Sumber : http://www.kampung-media.com/stock-photo/183-ed59e3f2652da077ba9d59bcdde05c42.jpg)

Sedangkan Jaje Tujak terbuat dari ketan putih 1 kg yang dikukus bersama parutan kepala agak muda setengah butir. Ditambahkan garam secukupnya untuk memberi rasa agar tidak hambar. Setelah 1,5 jam dianggap matang, dalam kondisi panas adonan ditumbuk di dalam lumpang sampai lembut hingga mudah dibentuk di loyang. Kemudian dipotong-potong sesuai keinginan.

Menurut kepercayaan setempat, yang membuat poteng harus dalam keadaan suci yakni tidak sedang haid. Sebab jika yang membuat sedang datang bulan bisa merusak poteng. Sebaiknya, pembuatan poteng, khususnya saat akan menaburkan bubuk tape ketan dilakukan setelah selesai salat sehingga masih dalam kondisi suci atau berwudhu. Tetapi kalau kamu dan keluarga ingin membuatnya untuk hidangan sendiri, tidak usah menunggu sampai hari raya, karena kamu dapat memasaknya kapanpun.

Manfaat Tape Ketan

Bagi kamu yang belum tahu, ternyata tape ketan memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat untuk tubuh yang memakannya. Apa saja khasiatnya?

  1. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh
  3. Untuk mencegah timbulnya penyakit kanker
  4. Dapat menyembuhkan penyakit anemia
  5. Untuk melancarkan sistem pencernaan
  6. Untuk mencegah penyakit ambeien
  7. Mampu menjaga kesehatan kulit
  8. Bisa Meningkatkan Manfaat Seksual
  9. Tape untuk Obat Jerawat
  10. Tape untuk Diet
  11. Sebagai Sumber Probiotik
  12. Tape Meningkatkan Sistem Syaraf dan Otot
  13. Tape Membantu Tubuh Lebih Berenergi

Bagi kamu yang bingung mau masak apa ketika hari lebaran, yuk simak resep masakan enak di Kooliner Blog. Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar kuliner dan resep masakan enak untuk hari lebaran.