Kalau cuaca sedang panas dan terik, pasti yang akan kalian lakukan adalah berteduh, plus mencari minuman yang segar. Nah, kalau kalian sedang ada di Pulau Dewata Bali, jangan lupa untuk mencicipi minuman segar khas Bali, yaitu Es Kuwut. Buat kalian yang sudah pernah datang ke Bali, atau mungkin kalian yang tinggal di Bali, Es kelapa muda ini bukan sesuatu yang asing kan? Bahkan Es ini sangat terkenal di Bali. Kalian yang mau datang ke Bali, wajib banget untuk mencicipi minuman segar satu ini.

bukuresepnet
Es Kuwut Bali (sumber : bukuresep.net)

Es Kuwut adalah es kelapa muda yang dicampur dengan jeruk nipis. Hmm, sepertinya terasa sangat segar bukan? Apa saja bahan untuk membuat dan bagaimana cara membuatnya?

Bahan Es Kuwut :

  1. 1 buah kelapa muda, serut.
  2. ½ buah melon, serut atau boleh dibentuk bulat.
  3. 800 ml air kelapa.
  4. 2 sdm biji selasih.
  5. 150 ml gula pasir, larutkan dalam air panas.
  6. 2 buah jeruk nipis, ambil airnya.
  7. es batu secukupnya.
cookpadcom
Es Kelapa Muda Bali (sumber : cookpad.com)

Cara Membuat : 

  1. Siapkan gelas saji, setelah itu tuang semua bahan-bahan di atas kecuali larutan gula, air kelapa, dan biji selasih, serta es batu. Isi sampai setengah gelas saja.
  2. Kemudian, tuang air kelapa sampai melon dan kelapa muda sedikit mengambang.
  3. Selanjutnya, masukkan larutan gula sesuai selera untuk seberapa manis, lalu air jeruk nipis, dan es batu.
  4. Terakhir, hias dengan biji selasih di atasnya.
  5. Es Kuwut Bali sudah siap dinikmati.

By The Way, kalau kalian belum ada kesempatan buat ke Bali, jangan ragu ya untuk membuat Es segar ini sendiri. Resep dan bahannya tidak ada yang susah bukan?

masakandapurkucom
Es Kuwut Bali (sumber : masakandapurku.com)

Kalau kalian ada di Bandung, Minuman segar ini sekarang juga sudah dijajakan oleh @Eskuwutbandung. Kalian harus mencicipinya, cukup datang di kedainya yang terletak di Jalan Cipanjak Bandung. Kalian juga bisa browsing untuk mencari tempat makan atau kedai yang menjual Es yang satu ini di kota kalian. Diyakini, Es minuman segar ini sudah merambah di banyak kota di Indonesia, tidak hanya di Bali.

kulinermediacom
Es Kuwut Bali (sumber : kulinermedia.com)

Nah, apakah enak ya air kelapa dicampur dengan perasan jeruk nipis? Ternyata enak loh. Selain enak, jeruk nipis juga punya banyak khasiat untuk kesehatan. Selain membuat aroma dan rasa es kuwut menjadi lebih segar, jeruk nipis juga membuat proses pencernaan menjadi lancar, menghilangkan batuk yang membandel, dan lainnya.