Sego Cawuk : Kuliner Nasi Khas Banyuwangi – Sebelum menginjakkan kaki ke Pulau Dewata, biasanya orang dari daerah Jawa yang menggunakan transportasi darat akan mampir ke Kota Banyuwangi. Banyuwangi yang berada di ujung timur pulau Jawa akan menjadi pintu gerbang para wisatawan Pulau Dewata dari ujung baratnya.

Banyuwangi yang tadinya hanyalah daerah kecil, sekarang menjadi pilihan destinasi karena merupakan akses utama menuju Pulau Bali. Apalagi Banyuwangi sekarang juga sudah menyuguhkan banyak destinasi wisata alam yang unik dan menarik. Mulai dari Pegunungan, Pantai, sampai Hutan Raya yang terus membuat wisatawan tertarik untuk datang.

travelkompascom
Sego Cawuk Khas Banyuwangi (Sumber : travel.kompas.com)

Seiring dengan perkembangan Kota Banyuwangi sebagai destinasi wisata dari ujung timur Pulau Jawa, wisata kuliner daerah tersebut juga tentunya akan terdongkrak naik. Para wisatawan yang sudah jauh-jauh datang ke kota tersebut tentunya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk juga menikmati kuliner daerahnya. Siapa tahu kuliner tersebut tidak dapat ditemui di daerah lain.

Salah satu kuliner tradisional dan hanya ada di Banyuwangi adalah Sego Cawuk. Dalam bahasa Jawa, Sego berarti Nasi, dan Cawuk adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengambil air, dengan cara yang unik dan berbeda, tidak hanya sekedar menuangkan atau menciduknya.

bloggerosingblogspotcom
Sego Cawuk Khas Banyuwangi (Sumber : bloggerosing.blogspot.com)

Tetapi di Banyuwangi, Sego Cawuk memiliki artian yang lain. Cawuk menjelaskan tentang cara makannya yang langsung menggunakan tangan, tidak menggunakan sedok dan garpu. Nasi Cawuk biasanya akan disiram dengan kuah pindang dan dimasak dengan cara gendam. Wah, memasak dengan gendam?

Cara memasak ini hanya ada di Banyuwangi, kuah pindang masak gendam akan menghasilkan kuah pindang yang bening dan manis, karena memasaknya menggunakan gula pasir. Sego Cawuk biasanya akan disajikan di pagi hari menjadi menu sarapan.

Tapi jangan ragu buat anda yang penasaran tentang memasak Sego Cawuk, ternyata cara memasaknya cukup mudah. Pertama-tama, mungkin yang perlu dipersiapkan adalah bahan-bahan untuk kuahnya.

Kuah yang akan disiramkan diatas Nasi adalah sangat khas dari Banyuwangi. Bahan-bahannya adalah gula pasir/gula jagung, air, wadung, belimbing wuluh, penyedap rasa, garam, ikan teri/lemuru.

Ada juga bahaan-bahan untuk membuat acar mentimun, yaitu terdiri dari mentimun, kelapa parut yang sudah dibuang kulitnya, bawang putih, bawang merah, cabe besar dan kecil sesuai selera, kacang cina yang sudah digoreng, dan minyak untuk menggoreng bumbu-bumbunya.

Sego Cawuk juga tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan pedasnya sambal. Sambal untuk membuat sego cawuk adalah cabai kecil sesuai selera (yang suka pedas bisa ditambahkan), garam, gula, dan penyedap rasa.

fooddetikcom
Sego Cawuk Khas Banyuwangi (Sumber : food.detik.com)

Nah, selanjutnya akan dijelaskan tentang langkah untuk membuat kuliner ini. Buat anda yang tertarik, anda bisa mengikuti langkah-langkah tersebut, agar anda bisa menyajikan makanan ini dirumah anda. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Kukus ikan teri dengan bantuan daun pisang, sampai matang dan tata dalam wadah
  2. Buat karamel terlebih dahulu dengan cara menggoreng gula tanpa minyak.
  3. Jika gula sudah cair seperti karamel, tambahkan air. Kemudian beri irisan belimbing wuluh, wadung, garam, dan penyedap rasa sesuai selera. Biarkan kuah tersebut mendidih dan matang. Setelah kuah matang, tuangkan kuah ke dalam wadah yang sudah berisi ikan teri.
  4. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe kecil, kacang goring. Semua bahan-bahan di goreng sampai matang.
  5. Masukan parutan kelapa, tambahkan air dan masukkan irisan mentimun yang dirajang kecil-kecil. Aduk sampai rata, dan tunggu sampai semua bahan matang, dan taruh dalam wadah yang telah disiapkan.
  6. Untuk membuat sambal dengan cara haluskan cabe kecil, garam, gula, dan tambahkan penyedap rasa, setelah halus tempatkan di wadah yang sudah di sediakan.
banyuwangibaguscom
Sego Cawuk Khas Banyuwangi (Sumber : banyuwangibagus.com)

Nah, jika semua masakan tersebut sudah siap, anda tinggal menyiapkan nasi di dalam piring sesuai porsi anda, dan guyurkan acar mentimun, kuah ikan teri, dan jangan lupa untuk memberi sambal. Wah, bagaimana ya kalau masakan berkuah disantap hanya menggunakan tangan? Itulah sensasi ketika menyantap Sego Cawuk, anda harus mencobanya!